WANITA HARUS TAU NIH! Tips Sederhana Menghindari Kejahatan Hipnotis dan Gendam!


Banyak sekali kejahatan yang mengancam kaum cewek saat sedang beraktivitas di tempat umum. Ada copet, pelecehan, perbuatan tidak menyenangkan, dan sebagainya. Salah satu kejahatan yang paling banyak mengintai kaum wanita adalah hipnotis atau gendam.


Apa sih hipnotis atau gendam itu? Dan bagaimana cara mencegah hipnotis atau gendam ini?

Cara Mencegah Terkena Hipnotis atau Gendam 

Pengertian hipnotis

American Psychological Association mendeskripsikan hipnotis sebagai “interaksi kooperatif dengan tujuan agar seseorang mengikuti semua sugesti dari pelaku hipnotis”.

Seseorang yang terkena hipnotis akan sangat mudah di berikan sugesti dan mengalami beberapa kondisi, misalnya merasa sangat tenang dan santai, merasa tidak dapat mengendalikan diri, dan ada juga yang merasa tetap sadar dan tetap dapat berkomunikasi.

Hipnotis dapat digunakan pada terapi beberapa penyakit medis, dengan tujuan agar rasa sakit pasien atau takut pasien dapat berkurang.

Bagaimana dengan gendam?

Gendam adalah teknik hipnotisme yang berkembang di Indonesia yang dalam perkembangannya, gendam menggabungkan unsur hipnotis barat (terutama covert hypnosis), shock induction (menggunakan kejutan untuk membuka sementara alam bawah sadar), mind control (termasuk teknik telepati dan pengalihan perhatian), dan sebagainya. Banyak juga yang berpendapat bahwa gendam adalah termasuk kedalam kategori black magic.

Sebagaimana hipnotis, awalnya gendam juga digunakan untuk kebaikan dan pengobatan, namun belakangan ini juga sering digunakan untuk melakukan kejahatan.

Pada dasarnya, hipnotis dapat di cegah, dengan cara kita memaksakan diri agar tetap aware/terjaga dan terkontrol. Sedangkan gendam lebih sulit di cegah, karena menggunakan kombinasi berbagai macam teknik penghilangan kesadaran.

Ciri-ciri kamu sedang dipengaruhi hipnotis atau gendam

  • Kamu tidak dapat berpikir jernih dan menyerap semua apa yang dikatakan orang lain
  • Dalam pikiranmu, kamu hanya bisa meng-iyakan apa yang dikatakan orang tersebut tanpa mampu menyangkal
  • Pikiranmu menyerap informasi apa saja, tanpa dapat menentukan apakah informasi tersebut benar atau salah
  • Kamu sangat merespon kata-kata yang bersifat emosional
  • Kehilangan logika dan hanya mengikuti perasaan / emosi

Bagaimana cara mencegah terkena hipnotis atau gendam?

Ada beberapa tips dan cara agar kamu bisa mencegah terkena hipnotis atau gendam, antara lain sebagai berikut:

Berikan sugesti kepada dirimu sendiri

Jika akan keluar rumah biasakanlah berdoa menurut kepercayaan masing-masing, kemudian katakan kepada diri sendiri “Aku akan berada dalam keadaan sadar, dan selalu dalam keadaan sadar”, sambil mengatur nafas dengan baik. Ini akan memberikan sugesti positif kepada diri kita, yang membuat kita lebih resisten dari sugesti yang diberikan orang lain.

Jangan sampai pikiran kosong terutama saat di keramaian

Pada saat pikiran kosong, maka otak akan melakukan relaksasi atau masuk dalam keadaan santai. Dalam keadaan ini tingkat kesadaran akan menurun. Dalam ilmu hipnotis barat, kondisi ini disebut sebagai kondisi hyper-suggestibility, yaitu kondisi paling mudah untuk memberikan sugesti.

Waspadai shock induction

Selalu waspada dan tingkatkan kesadaran diri pada saat seseorang menepuk dan mengejutkan kamu dari belakang. Usahakan kamu tetap dalam keadaan terkendali 100%. Jangan langsung fokus pada apa yang ia sampaikan. Apa lagi jika orang tersebut langsung mengatakan bahwa dia mengenalimu, kemudian meminta kamu melakukan sesuatu. Karena mungkin saja orang tersebut sedang melakukan shock induction.

Shock induction sangat efektif dilakukan pada cewek yang latah, oleh sebab itu, jangan biarkan temanmu atau kerabatmu yang latah pergi ke keramaian sendirian.

Segera pergi ke tempat aman saat ada rasa kantuk tiba-tiba menyerang
Pergilah ke pos keamanan terdekat jika rasa mengantuk datang tiba-tiba. Rasa mengantuk yang tiba-tiba bisa datang karena serangan mind control seperti telepati.

Jangan panik saat beberapa orang mendekatimu

Jika ada beberapa orang secara bergerombol dari beberapa arah mencoba mendekati kemudian mencoba mengajak berbicara, jangan langsung panik! Sekali lagi, jangan panik! Karena panik akan mempermudah kamu kehilangan kesadaran. Segera pergi dari tempat itu, kemudian carilah tempat yang lebih aman.

Pada dasarnya otak manusia memproses semua data yang diterima oleh panca indera secara serial (bersambung-sambung). Jika panca indera menerima beberapa data sekaligus, ada kemungkinan pikiran kita dapat di manipulasi.

Ajaklah teman-teman atau keluarga saat ke tempat keramaian

Gendam atau hipnotis efektif dilakukan jika kamu sedang sendirian, namun jika kamu berjalan barengan sama keluarga atau teman-teman, maka efek gendam atau hipnotis akan sulit untuk di lancarkan.

Waspada pada perasaan mual dan pusing tiba-tiba

Jika kamu mulai merasa pusing dan mual tanpa sebab yang jelas, segeralah cari tempat yang aman dan terdapat banyak orang. Atur pernapasan agar memiliki ritme yang terkendali, kemudian lakukan visualisasi (cukup dengan visualisasi ya!) bahwa kamu sedang mengalirkan energi negatif ke dalam bumi.

Gendam biasanya memiliki efek mual dan pusing, dan secara umum bisa di netralisir jika kita dapat melakukan grounding (mengirimkan energinya kedalam bumi/tanah).

Stay aware!

Selalu waspada dan kendalikan pikiran jika kita sedang berada di keramaian, pasar, mall, dan sebagainya. Perbanyak berdoa dalam hati, bersenandung kecil, atau aktivitas lain yang tetap menjaga pikiran tetap aktif. Hipnotis dan gendam akan masuk jika pikiran kita masuk ke posisi relaksasi atau hyper-suggestibility.

Oke! Semoga tips diatas dapat menambah pengetahuanmu tentang cara mencegah terkena hipnotis atau gendam. Semoga bermanfaat, jangan lupa klik share/like